Saturday, June 16, 2012

TUGAS SIMKEU 11 JUNI 2012 PART 3 :)


SOCIAL ENGINEERING 

Serangan hacker terhadap user yang memanfaatkan sisi kelemahan dari manusia misalnya dengan cara merekayasa perasaan user sehingga pada akhirnya user bersedia mengirim informasi kepada hacker untuk selanjutnya digunakan dalam merusak sistem jaringan.
Social Engineering adalah suatu teknik 'pencurian' atau pengambilan data atau informasi penting/krusial/ rahasia dari seseorang dengan cara menggunakan pendekatan manusiawi
melalui mekanisme interaksi sosial. Atau dengan kata lain, social engineering adalah suatu teknik memperoleh data/ informasi rahasia dengan cara mengeksploitasi kelemahan manusia.


HACK, CRACK, HACKER, CRACKER

Hack dan Crack:

Hack adalah kegiatan yang dilakukan seseorang atau kelompok,bertujuan untuk melindungi ataupun mendapatkan data-data penting yang diinginkan dengan tujuan baik. Contoh: Si A menerobos sistem komputer si B dengan tujuan ingin memberitahukan bahwa komputer si B sedang terkena virus, atau ingin membetulkan program yang error pada komputer si B.

Crack adalah kegiatan yang dilakukan seseorang atau kelompok,bertujuan untuk mendapatkan data-data penting yang diinginkan dengan cara yang bersifat merusak,mencuri,serta merugikan orang lain, atau tindakan untuk menjebol komputer orang lain dengan tujuan yang jahat.
Contoh dari crack ini banyak sekali seperti: virus, worm, spyware, adware, keylogger
dan sebagainya.

Hacker dan Cracker

Hacker
  1. mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs.
  2. mempunyai etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapa saja.
  3. seorang hacker tidak pelit membagi ilmunya kepada orang-orang yang serius atas nama ilmu pengetahuan dan kebaikan.
  4. seorang hacker akan selalu memperdalam ilmunya dan memperbanyak pemahaman tentang sistem operasi.


Cracker
  1. mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan.
  2. bisa berdiri sendiri atau berkelompok dalam bertindak
  3. mempunyai situs atau channel dalam IRC yang tersembunyi,hanya orang- orang tertentu yang dapat mengaksesnya.
  4. mempunyai IP yang tidak bisa dilacak
  5. kasus yang paling sering adalah carding atau pencurian kartu kredit,kemudian pembobolan situs dan mengubah isinya menjadi berantakan.






No comments:

Post a Comment